15 Tips Ampuh Mengatasi Pertengkaran Dengan Pasangan Tercinta

Dalam kehidupan berkeluarga takkan terlepas dari berbagai persoalan hidup. Beragam persoalan seringkali muncul karena berbagai faktor, mulai masalah kesalah pahaman, perbedaan pendapat, faktor ekonomi, perselingkuhan, dan sebagainya. Lantas bagaimana solusinya untuk mengatasi pertengkaran dalam rumah tangga? Berikut 15 Tips ampuh untuk mengatasinya:

1. Menghindar

Cara ini sangat tepat dilakukan ketika terjadi pertengkaran dalam rumah tang
ga. Menghindar bukan berarti membiarkan masalah yang terjadi namun untuk memberi ruang pada pasangan anda untuk berpikir secara bijak. Pikiran yang kacau yang diakibatkan pertengkaran akan semakin melebar pada masalah-masalah lainnya maka sangat tepat jika menghindarinya sembari menunggu waktu yang tepat untuk kembali merundingnya.

2. Mengalah

Sangat baik jika anda lebih memilih mengalah dan lebih berpikir bijak dari pasangan anda.  Ketika anda memilih sikap ini, berarti masalah itu bisa saja sudah selesai secara bersamaan atau untuk meredakan situasi hingga keadaan membaik. Rasanya tidak akan rugi ketika kamu lebih memilih mengalah ketimbang memperpanjang masalah yang pada akhirnya justru berakibat kehancuran terhadap hubungan kalian.

3. Meredam Emosi

Emosi yang berlebihan ketika bertengkar mengakibatkan pembicaraan menjadi tidak terkontrol bahkan banyak pembicaraan yang hanya akan melukai perasaan pasangan anda. Luapan amarah yang tinggi juga dapat memicu terjadinya kekerasan dalam rumah tangga akibatnya sangat fatal sekali karena bukan hanya hubungan yang akan hancur tapi bisa berurusan dengan pihak berwajib.

4. Fokus Pada Masalah

Lebih baik anda memfokuskan pada satu topik permasalahan yang timbul pada waktu itu saja. Jangan sampai mengungkit permasalahan yang sudah selesai dihadapi. Carilah sumber pokok permasalahan lalu diskusikan bersama untuk mencari jalan keluarnya agar permasalahan tidak melebar kemana-mana. Selesaikan satu pokok permasalahan dulu  baru kemudian ke  persoalan lainnya.

5. Turunkan Nada Suara

Nada suara yang tinggi ketika terjadi pertengkaran akan sampai pada telinga orang-orang yang ada disekitarnya. Ketika pertengkaran itu didengar orang lain tentu akan berdampak negatif terhadap hubungan keluarga kalian. Sebaliknya menurunkan nada suara saat bertengkar dapat menyembunyikan aib keluarga karena tidak akan didengar oleh orang lain. Selain itu nada suara rendah akan sangat mudah untuk mengontrol emosi sehingga pertengkaran itu tidak memancing emosi yang berlebihan.

6. Saling Intropeksi

Lakukanlah intropeksi terhadap kesalahan masing-masing. Jika permasalahan itu memang timbul dari kekurangan pasangan anda akan lebih baik jika menerima kekurangan itu sembari mengingatkannya bahwa tindakan itu salah. Saling intropeksi diri akan melahirkan komitmen bersama dan keharmonisan dalam ikatan keluarga.

7. Mengakui Kesalahan

Penyebab sebuah pertengkaran seringkali berawal dari sikap pembenaran diri meski kenyataannya tindakannya salah. Suami yang melakukan kesalahan tidak mau mengakui kesalahannya. Istri juga terkadang demikian, dia tidak mau mengerti dan tidak mau diatur oleh suaminya. Jika keduanya tidak mau mengakui kesalahan dan lebih memilih egonya masing-masing, maka persoalan itu tidak akan selesai bahkan akan berakibat fatal.

8. Memaafkan

Memaafkan kesalahan orang lain memang sangat sulit apalagi kesalahan itu sering diulangi. Memaafkan bukan berati menyetujui kesalahan orang lain yang dilakukan terhadap dirinya, akan tetapi memberikan kesempatan kepada pasangan anda untuk memperbaikinya dan tidak mengulanginya dikemudian hari. Jika sikap ini kalian tunjukkan setiap terjadi permasalahan maka akan sulit sekali akan sampai pada pertengkaran. Memaafkan adalah sesuatu yang dapat menguntungkan pada dirinya, orang lain dan juga dapat membawa pada kelanggengan hubungan berumah tangga. 

9. Mengingat Kebersamaan

Mengingat kebersamaan yang telah dilalui bisa mengurangi rasa kekesalan pada pasangan saat bertengkar, apalagi pada usia pernikahan yang lama, tentu banyak hal-hal indah yang telah dilalui bersama. Suka duka mengarungi bahtera keluarga pasti pernah dilalui bersama. Alangkah baiknya semua itu diingat untuk meredakan pertengkaran.

10. Memberikan Sentuhan Hangat

Berikan sentuhan hangat terhadap pasangan anda seraya meminta maaf atau memaafkan dengan tulus. Lakukan dengan memegang tangannya, menciumnya, memeluknya atau menangis disampingnya. Pembicaran yang disertai dengan sentuhan akan lebih meyakinkan pasangan anda bahwa anda serius untuk menyelesaikan persoalan itu dengan sungguh-sungguh.

11. Memikirkan Akibatnya

Sebelum bertengkar alangkah baiknya memikirkan akibat yang akan terjadi. Anak dan keluarga adalah orang yang paling besar akan merasakan dampak buruk dari pertengkaran itu, apalagi sampai terjadi penceraian. Beberapa orang bilang kalau pertengkaran itu bumbu dari pernikahan, semakin banyak bumbunya maka akan semakin baik karena setelah pertengkaran selesai hubungan akan semakin harmonis. Ini adalah pemikiran yang salah, justru sebaliknya banyaknya permasalahan akan memunculkan banyak masalah baru misalnya, memberikan pelajaran buruk terhadap anak, rasa trauma, pesimis, pemarah, perselingkuhan dan sebagainya.


12. Meminta Pihak Ketiga

Sebenarnya sikap ini tidak perlu dilakukan jika masalah itu hanya masalah kecil. Sikap ini dilakukan jika berbagai hal sudah dilakukan berdua namun tidak dapat menghasilkan perdamaian justru hubungannya semakin lama semakin memburuk. Jika demikian maka mintalah kerabat dekat yang disegani untuk menjadi penengah keduanya. Kerabat yang mampu memberikan pengertian, rasa damai dan kembali dapat mempersatukan hubungan keduanya.

13. Memikirkan Anak

Berbicara soal anak tentu yang utama bagi pasangan suami istri. Anak adalah segalanya bagi keduanya. Maka pikirkan kembali dampak buruknya terhadap anak sebelum memulai pertengkaran apalagi anak kalian masih dalam masa pertumbuhan tentu akan berakibat buruk terhadap mental dan masa depannya.

14. Tidur

Ketika terjadi pertengkaran pilihlah untuk tidur. Faktor kurang tidur bisa jadi penyebab sebuah pertengkaran. Kualitas tidur yang buruk membuat seseorang akan mudah marah. Ini disebabkan oleh urat-urat yang menegang pada tubuh membuat sistem peredaran darah kurang lancar dan membuat kerja jantung jadi lebih berat.

15. Beribadah

Jika semua diatas telah dilakukan maka solusi terakhir  kembalikan pada Tuhan. Mintalah petunjuknya agar diberikan jalan yang terbaik untuk kedepannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Tips Ampuh Mengatasi Pertengkaran Dengan Pasangan Tercinta"

Posting Komentar